Istana Sebut Jokowi Sudah Beri Restu Para Menteri Maju Caleg

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
18 Juli 2018, 21:31
Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan para menteri yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya para menteri dapat mengambil cuti di masa kampanye, tanpa perlu mengundurkan diri.

 "Tidak ada surat untuk (mundur) itu dan tidak harus," kata Pratikno di Istana kepresidenan Bogor, Rabu (18/7).

Ketentuan menteri itu tak perlu mengundurkan diri ini merujuk kepada Putusan Mahkamah Konstitusi Tahun 2014 yang menyatakan menteri yang mengikuti pemilihan tidak perlu mundur.

(Baca juga: Enam Menteri di Kabinet Kerja Jokowi Daftar Caleg DPR)

Sebanyak tujuh menteri telah mendaftarkan caleg dalam pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Dari PKB ada tiga menteri yang akan maju menjadi caleg, yakni Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

PAN dan PPP masing-masing akan memajukan satu menteri sebagai caleg. PAN mengusung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, sementara PPP mengusung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

PDIP mencalonkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Selain itu, PDIP juga mengusung Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi SP sebagai caleg.

Hanif Dhakiri mengklain telah meminta izin Jokowi dan menyatakan pemilihan legislatif tidak akan mengganggu pekerjaannya di Kabinet Kerja. "Partai memang mendorong kami, lalu kami setor syarat-syaratnya," kata Hanif.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...