Rencana Perpanjangan Lelang 19 Blok Migas yang Tak Laku Dibatalkan

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2018, 13:45
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan tidak memperpanjang masa lelang blok minyak dan gas bumi (migas) skema reguler 2018. Dengan demikian 19 blok migas yang tidak laku itu akan dilelang kembali dalam kesempatan berikutnya.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan akan investor yang sudah mengambil dokumen sebelumnya, tak perlu mengeluarkan uang lagi ketika mengikuti lelang nantinya. "Kami akan lelang ulang dan badan usaha yang sudah ambil bid document tak perlu bayar lagi," kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (18/7).

Dalam lelang yang ditutup 3 Juli 2018 lalu, sebenarnya ada tujuh perusahaan yang mengakses lima blok migas dari 19 blok yang ditawarkan. Lima blok itu yakni Andika Bumi Kita, Ebuny, Air Komering, Southest Mahakam, dan Bukit Barat.

Dari lima blok itu, hanya Blok Andika Bumi Kita yang diminati hingga tiga perusahaan migas. Sementara empat blok lainnnya masing-masing diincar oleh satu perusahaan.

Namun, hingga penutupan, tidak ada satu pun perusahaan yang mengembalikan dokumen. Alhasil, lelang itu tak menghasilkan pemenang.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Ediar Usman mengatakan sebelum dilelang ulang pihaknya akan lebih dulu menambah data blok-blok tersebut. "Akan dilakukan lelang ulang, tapi setelah ada tambahan data geologi dan geofisika," kata dia.

Namun Ediar belum bisa memastikan kapan jadwal lelang ulang akan dibuka. Ini karena masih menunggu proses penambahan data blok selesai.

Sembilan belas blok ini merupakan bagian dari lelang 26 wilayah kerja di tahun ini. Selain skema regular, ada juga penawaran langsung.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...