Pertamina Klaim Rencana Pelepasan Aset untuk Tingkatkan Bisnis

Image title
19 Juli 2018, 14:05
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) menegaskan rencananya melepas sebagian aset merupakan bagian dari rencana bisnis dalam meningkatkan kinerja portofolio bisnis perusahaan ke depan. Rencana ini telah diusulkan kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham.

Rencana pelepasan aset yang 100% merupakan milik Pertamina tersebut, telah diatur dalam Anggaran Dasar Perusahaan. Berdasarkan AD/ART, untuk melakukan pelepasan aset perlu dilakukan kajian yang komprehensif. Rencana ini juga harus mendapat persetujuan pemerintah dan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan surat yang diusulkan perusahaannya kepada Pemerintah masih berupa izin prinsip. Pertamina meminta izin kepada Kementerian BUMN sebagai pemegang saham untuk melakukan kajian atas rencana-rencana aksi korporasi strategis ini.

“Ini prosesnya masih panjang. Apabila memang perlu dilakukan, harus mendapat persetujuan dari Pemegang Saham, yakni Pemerintah,” kata Adiatma seperti dikutip dari keterangan resmi pada Kamis (19/7).

(Baca: Pertamina Ingin 100% dan Operator di Blok Rokan)

Adiatma menambahkan pelepasan aset sebagai upaya menyehatkan portfolio investasi, sehingga Pertamina tidak memiliki kecondongan risiko pada satu aset tertentu.  “Seperti pepatah don’t put your eggs in one basket, di mana kita meminimalkan risiko berdasarkan kajian bisnis dan legal yang telah dilakukan dengan cermat,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...