4 Strategi Akseleran untuk Salurkan Kredit Rp 200 Miliar Tahun Ini

Desy Setyowati
24 Juli 2018, 11:32
Akseleran
Akseleran
Tim Akseleran

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) menargetkan penyaluran dana investor mencapai Rp 200 miliar hingga akhir 2018.  Perusahaan financial technology (fintech) peer to peer (P2P) lending yang baru berdiri pada September 2017 ini sudah menyalurkan Rp 75 miliar pinjaman kepada lebih dari 16 ribu peminjam per 23 Juli 2018.

Untuk bisa mencapai target tersebut, Akseleran menerapkan empat strategi. Langkah pertama adalah memperbanyak jumlah peminjam institutional.

Co Founder & CEO Akseleran Ivan Nikolas Tambunan menyampaikan, ada beberapa investor institutional yang sudah bergabung seperti PT Indosurya Finance, PT Global Multi Finance Indonesia, dan PT Andalan Finance. Namun, jumlahnya kalah jauh dibanding investor individu yang mencapai 90% dari total 45 ribu akun lender terdaftar.

Ia ingin menambah jumlah peminjam institusional, karena nilai investasinya lebih besar. Dengan begitu, proses pengumpulan dana pinjaman untuk satu peminjam yang biasanya memakan waktu 3-10 hari, bisa menjadi lebih cepat. "Investor institusional yang kami temui rata-rata ingin melihat track record setahun dulu. September 2018 nanti kami setahun," ujarnya kepada Katadata, kemarin (23/7).

(Baca juga: Kerugian Perbankan Akibat Serangan Siber Capai Ratusan Juta Dolar)

Adapun investor institusional yang mungkin bergabung dengan fintech P2P lending seperti Akseleran biasanya merupakan multifinance, melalui skema channeling. Akseleran juga mencoba menggaet Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) di daerah untuk bergabung.

Akseleran juga merencanakan ekspansi dengan membuka sales representative di Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Semarang. Sebab, peminjam Akseleran masih terkonsentrasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Jawa Barat (Jabar), dan Balikpapan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...