Diterpa Isu Kebangkrutan, Pertamina Jamin Tak Ada Pembatalan Proyek

Image title
24 Juli 2018, 21:51
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) menjamin tidak ada pembatalan proyek yang sudah direncanakan meskipun ada isu mengenai kebangkrutan. Perusahaan pelat merah itu hanya menunda beberapa proyek karena dianggap belum mendesak.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman membantah perusahaannya saat ini dalam kondisi bangkrut. Bahkan ia optimistis kinerja keuangan semester I tahun 2018 masih dalam tren positif.

Namun, menurut Arif, dengan kondisi saat ini memang ada beberapa proyek yang mengalami keterlambatan dalam penyerapan belanja modal (capital expenditure/capex). Adapun, tahun ini Pertamina menargetkan belanja modal sebesar US$ 6 miliar.

“Kami tidak bangkrut. Capital expenditure kan memang terlambat, tapi tidak ada yang kami batalkan,” kata Arief di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (24/7).

Arief mengatakan salah satu proyek yang mengalami keterlambatan dari jadwal adalah kilang. Meskipun tidak menyebut spesifik kilang mana, tapi penundaan itu dilakukan karena dianggap belum terlalu mendesak.

Pertamina juga tetap optimistis proyek kilang tahun bisa segera mulai. “Kilang kan hanya beberapa yang delay. Tapi kan tidak ada yang urgent, semoga tahun ini sudah mulai,” ujar Arief.

Juni tahun lalu, Elia Massa Manik ketika masih menjabat sebagai Direktur Utama pernah mengatakan penjadwalan ulang proyek kilang. Kilang Tuban, yang awalnya ditargetkan selesai 2021 mundur ke 2024. Kilang Cilacap juga mundur ke 2023 dari sebelumnya 2021.Kilang Balongan mundur dari 2020 ke 2021.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...