Proposal Lengkap, Pertamina Siap Rebut Blok Rokan dari Chevron

Anggita Rezki Amelia
25 Juli 2018, 19:38
No image
Kantor pusat PT Pertamina, Jakarta.

PT Pertamina (Persero) menyatakan siap bertarung dengan PT Chevron Pacific Indonesia memperebutkan Blok Rokan. Ini karena perusahaan pelat merah itu sudah melengkapi proposal yang diajukan sebelumnya agar bisa mengelola blok yang akan berakhir 2021.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan pihaknya sudah menerima dokumen revisi proposal Pertamina di Blok Rokan hari ini, Rabu (25/7). "Officially sudah ya," kata dia di Kementerian ESDM, Rabu (25/7).

Namun Arcandra belum mau merinci isi proposal Pertamina itu, termasuk total investasi yang akan digelontorkan perusahaan tersebut.  Alasannya proposal itu masih harus dievaluasi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan perusahaannya sangat siap mengelola Blok Rokan. Meskipun saat ini diterpa isu kebangkrutan, menurut Adiatma hingga kini tidak ada masalah keuangan untuk mendanai Rokan.

Bahkan Pertamina siap bersaing dengan Chevron yang sudah menyiapkan dana US$ 88 miliar jika kontrak diperpanjang. "Masalah dana itu kecil, karena produksinya besar," ujar Adiatma.

Untuk menggenjot produksi, Pertamina juga menggunakan teknologi tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/ EOR). Namun sayang Adiatma belum mau merinci berapa besar peningkatan produksi Blok Rokan yang bisa dikerjakan oleh Pertamina jika menjadi operator blok Rokan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...