Pemerintah Jamin Pasokan Ayam dan Telur Jelang Asian Games

Michael Reily
26 Juli 2018, 21:57
Telur Ayam Negeri
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan pasokan ayam dan telur saat gelaran Asian Games 2018 pada bulan depan. 

Direktur Perbibitan dan Produksi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Soegiono menyatakan sudah menghitung pasokan dan kebutuhan selama gelaran  Asian Games 2018. “Sudah kami review karena termasuk salah satu hari besar,” kata Soegiono di Jakarta, Kamis (26/7).

Dia menyebut Kementan  telah menghitung data produksi dan kebutuhan masyarakat secara berkala dari lapangan. Sehingga diharapkan penghitungan data  produksi dan jumlah permintaan tak akan jauh berbeda dengan realisasinya nanti.  

(Baca : Pengusaha Sebut Produksi Ayam dan Telur Cukup Hingga 5 Tahun ke Depan)

Menurut data Kementerian Pertanian, pada Agustus 2018 produksi telur diperkirakan surplus  sekitar 22.670 ton dengan perhitungan produksi 168.235 ton dan konsumsi 145.565 ton. Sementara itu,  surplus ayam diperkirakan bisa mencapai 42.602 ton dengan  penghitungan produksi 271.855 ton dan konsumsi 252.806 ton.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Perbibitan Unggas (GPPU) Chandra Gunawan berharap pemerintah dapat mendata dan memastikan jumlah pasokan tersedia dalam jumlah yang tepat. 

Sebab, produksi ayam dan telur tidak bisa dipaksakan meningkat pesat  setiap kali ada lonjakan permintaan seperti halnya komoditas pabrik. “Kami berproduksi saja secara rutin,” ujar Chandra.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...