Telkomsel dan Ruangguru Luncurkan Paket Internet untuk Siswa
Setelah bekerja sama dengan Go-Jek dan Grab untuk menyediakan paket internet untuk mitra pengemudi, Kini Telkomsel mengincar pasar yang lebih muda. Telkomsel menggandeng pengembang aplikasi Ruangguru, PT Ruang Raya Indonesia untuk menyediakan paket internet khusus untuk siswa.
Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Ruangguru Adamas Belva Syah Devara menyatakan, paket internet tersebut berisi kuota 3 Giga Byte (GB) seharga Rp 25 ribu dengan masa berlaku sebulan. Paket ini terdiri dari 1 GB data reguler dan 2 GB khusus untuk mengakses konten Ruangguru.
Menurutnya, paket khusus ini akan membantu siswa untuk mengakses lebih banyak modul atau mengikuti simulasi ujian online di Ruangguru dengan lebih hemat. "Selama ini, masih banyak pengguna yang pelit kuota," ujarnya saat konferensi pers di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (30/7).
(Baca juga: Telkomsel dan Indosat Bersaing Kembangkan Internet of Things)
Kerja sama ini dijalin oleh Ruangguru bersama brand Telkomsel yang fokus menggarap segmen anak muda, yakni LOOP. Kolaborasi ini juga akan menghasilkan produk lain, yakni paket langganan bulanan Ruangguru. "Jadi, orang tua bisa kontrol (penggunaan data dan uangnya)," kata Belva.
LOOP dan Ruangguru juga menghadirkan EnsikLOOPedia. EnsikLOOPedia merupakan platform referensi belajar online baru yang berisi berbagai artikel mata pelajaran, video tutorial, try out, hingga tips dan trik untuk lulus ujian. Adapun platform ini bisa diakses melalui laman www.loop.co.id/ensikloopedia.
Saat ini jumlah pengguna Ruangguru mencapai sekitar 9 juta. Jumlah tersebut meningkat dratis dibanding akhir tahun lalu, yang sebanyak 6 juta pengguna. Mayoritas pengguna merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).
"Kolaborasi ini akan meningkatkan jumlah penggunaan oleh anggota yang sudah terdaftar dan pengguna baru," ujar Chief of Product & Partnership Ruangguru Muhammad Iman Usman.
(Baca juga: Uang Elektronik TCash Kini Terbuka bagi Semua Operator)
Sementara itu, Head of Prepaid MarComm Divisions Telkomsel Abdullah Fahmi menyampaikan, jumlah pelanggan LOOP mencapai sekitar 26 juta. Melalui kolaborasi ini, ia berharap, jumlah pengguna aktif bakal meningkat dari 80% menjadi 100%. Sebab, segmentasi LOOP dan Telkomsel sama, yakni anak muda atau kalangan pelajar.