Bahas Mobil Esemka, Jokowi Ingatkan Masalah Desain dan Harga

Ameidyo Daud Nasution
2 Agustus 2018, 20:53
Jokowi
www.setkab.go.id

Saat masih menjabat Walikota Solo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukup gencar mendorong pengembangan mobil Esemka. Bahkan, dia sempat menggunakan mobil karya anak bangsa ini. Sebelas tahun berlalu, Jokowi kembali mengomentari kelanjutan pengembangan kendaraan ini. 

Awalnya mobil Esemka adalah produk hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerja sama dengan industri. Dalam perjalanannya sejauh ini, Jokowi mengatakan sekarang mobil Esemka sudah diambil alih industri dan sudah memulai tahapan untuk diproduksi masal.

Pemerintah harus terus mendukung pengembangan industri nasional. Jokowi pun menyatakan masih tetap mendorong mobil Esemka bisa diproduksi masal. Apalagi saat ini PT Adiperkasa Citra Esemka Hero sebagai pengembang kendaraan ini telah membangun pabrik di Boyolali, Jawa Tengah.

(Baca: Siap Diproduksi Skala Industri, Mobil Pedesaan Terhambat Investasi)

"Kalau Esemka pabriknya selesai dan bisa memproduksi, ya silakan. Memang kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang," kata Jokowi saat membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (8/2).

Beberapa tahun lalu, Jokowi cukup aktif mendorong pengembangan mobil ini. Sekarang dia cenderung hanya mengingatkan agar dalam pengembangan mobil ini perlu mempertimbangkan beberapa hal. Kompetisi industri otomotif semakin ketat, terutama dalam hal desain hingga harga. Menurutnya, jika harga mobil ini tidak kompetitif, maka akan sulit untuk mendapatkan ceruk pasar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...