JK Sebut Para Pengusaha Pilih Menunda Bisnis Jelang Pilpres

Dimas Jarot Bayu
2 Agustus 2018, 18:35
Pilkada DKI II 2017
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Situasi kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan banyak pengusaha dan investor yang berada dalam posisi menunggu dan melihat (wait and see) bisnis dan investasi jelang Pemilihan Presiden 2019. JK mengatakan penundaan berbisnis dan berinvestasi lantaran mereka menunggu kepastian arah kebijakan ekonomi dan politik di Indonesia.

Para pengusaha dan investor tersebut menunggu realisasi janji-janji kebijakan ekonomi yang diusung para kandidat calon presiden. Sebab, janji-janji tersebut akan menjadi pertimbangan mereka berinvestasi.

Advertisement

"Mereka menganalisis, katakanlah Pak Jokowi menang, apa kebijakan ekonominya masih pro-rakyat? Kalau Pak Prabowo menang, bagaimana kebijakan ekonominya?" kata JK dalam sebuah seminar di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (2/8).

(Baca juga: Ekonom Yakin Pemilu dan Pilpres 2019 Tak Buat Investor Hengkang)

JK mengatakan, perilaku pengusaha tersebut tak hanya disebabkan oleh situasi tahun politik. Menurutnya, ada pula berbagai faktor yang mempengaruhi sikap wait and see para pengusaha, antara lain perang dagang, rencana kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve, hingga berbagai isu nasional yang berkembang.

"Memang ada juga pelemahan rupiah (pengaruhi sikap pengusaha), tapi itu juga terjadi di mana-mana," kata JK.

(Baca juga: Menanti Kejutan Capres-Cawapres Jelang Pendaftaran Pilpres)

JK mengatakan, sikap pengusaha yang menunda bisnis dan investasi dapat berimbas kepada persoalan tenaga kerja, pengangguran, serta kemiskinan. Untuk itu, pemerintah akan terus berupaya memberikan kepastian kepada para pengusaha dan investor.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement