JK Bela Jokowi soal Pidato Kontroversial di Hadapan Relawan

Dimas Jarot Bayu
6 Agustus 2018, 19:56
Jokowi & JK
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)  membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pernyataannya di hadapan relawan Projo di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (4/8) yang dianggap provokatif. JK menilai ucapan Jokowi tersebut semata agar para relawan berani mempertahankan diri jika diserang pihak oposisi.

"Masak diserang saja tidak mau mempertahankan diri. Itu hukum itu, membela diri," kata JK di kantor MUI, Jakarta, Senin (6/8).

JK menilai, tak ada yang salah dengan pernyataan Jokowi. Pernyataan Presiden hanya anjuran untuk mempertahankan diri ketika seseorang merasa diserang.

"Kan Pak Jokowi tidak mengatakan hantam itu, cuma mempertahankan diri. Wajar saja," kata JK. (Baca juga: Rapat Bersama JK, MUI: Perwakilan Umat Tak Hanya Lewat Parpol Islam)

Pidato Jokowi mendapat sorotan dari para politisi dan netizen yang berseberangan dengan dirinya.  Ucapan Jokowi dianggao tidak tepat dan mendorong relawan untuk berbuat kekerasan.

Jokowi kemudian meminta masyarakat melihat secara utuh pidatonya di depan para relawan agar tak salah paham. Jokowi mengatakan ucapannya ditujukan agar masyarakat tidak terpecah-belah oleh ujaran kebencian dan saling menjelekkan satu sama lain.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...