Kepentingan Parpol Koalisi Jokowi Diakomodasi Lewat Nawa Cita Jilid II

Dimas Jarot Bayu
7 Agustus 2018, 00:32
Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi dengan Presiden Jokowi
(Agus Suparto/Istana Negara)
Presiden Jokowi saat menjamu para sekretaris jenderal partai koalisi.

Sembilan partai politik dalam koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) masing-masing meminta kepentingannya terakomodasi dalam Nawacita jilid II. Partai Golkar misalnya memasukkan program Indonesia Sejahtera 2045 dan Making Indonesia 4.0, dua program yang selama ini dijalankan Golkar.

Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, program Indonesia Sejahtera dimasukkan karena memiliki konsep serupa dengan Nawacita. Lodewijk menjelaskan, Nawacita memiliki konsep membangun dari pinggiran, sementara Indonesia Sejahtera memiliki konsep membangun dari desa.

Dengan program tersebut, Nawacita tak hanya diarahkan hingga 2030. "Juga diarahkan untuk 2045 jadi Indonesia Emas," kata Lodewijk di Posko Cemara, Jakarta, Senin (6/8).

(Baca juga: Jokowi dan Sekjen Parpol Bahas Strategi Pilpres Hingga Nawa Cita)

Program Making Indonesia 4.0 yang digagas Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto didorong masuk dalam Nawacita Jilid II lantaran berkaitan dengan gagasan revolusi industri keempat.

Dengan dimasukkannya Making Indonesia 4.0, Lodewijk menilai visi Nawacita jilid II akan semakin tajam. Alasannya, sektor industri perlu didorong lantaran berkontribusi 72% terhadap APBN.

Lebih lanjut, industri yang maju juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai 7%. "Kalau berada di atas 7% maka yang dikatakan kita akan masuk negara maju enam besar di dunia versinya Mckinsey itu bisa tercapai," kata Lodewijk.

 (Baca juga: Jokowi Makan Malam dengan Semua Ketum Parpol Koalisi di Bogor)

Nasdem mendorong program penerapan artificial intelligence dan ketersiapan lapangan pekerjaan dalam Nawacita jilid II. Selain itu, Nasdem mendorong perhatian pemerintah lebih besar ke wilayah Nusa Tenggara Timur, yang mana merupakan daerah pemilihan prioritas Nasdem.

"Nasdem juga sudah memasukkan program perubahan," kata Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G Plate.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...