Pertamina Bisa Investasi di Blok Rokan Mulai Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
7 Agustus 2018, 11:18
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) saat ini tengah menggarap salah satu lapangan Jatiasri-9 (Jas-9) milik PT Pertamina EP, dengan mengoperasikan salah satu Rig Cyber - 55.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan PT Pertamina (Persero) bisa berinventasi lebih awal di Blok Rokan sebelum menjadi operator. Tujuannya untuk menjaga agar produksi minyak dan gas bumi (migas) tidak turun.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan Pertamina bisa meniru masa transisi di Blok Mahakam. Saat itu, Pertamina sudah bisa berinvestasi untuk pengeboran sebelum kontrak berakhir Desember 2017.

Nantinya Pertamina bisa lebih dulu membahas program kerja di Blok Rokan dengan SKK migas dalam pembahasan program kerja dan anggaran (Work Program and Budgeting/WP&B) tahun 2019. Dengan begitu, mulai tahun depan Pertamina sudah bisa berinvestasi di Blok Rokan. "Sudah bisa mengebor dia, "kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (6/8).

Investasi di blok migas yang berakhir kontraknya ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 23 Tahun 2018, terutama pasal 20. Dengan begitu bisa menjadi payung hukum Pertamina melakukan investasi lebih awal.

Di dalam pasal itu disebutkan, setelah kontrak diteken, Pertamina atau pemenang lelang dapat melakukan pembiayaan atau kegiatan opearsi yang diperlukan sebelum tanggal efektif kontrak baru. Ini untuk menjaga tingkat produksi migas di blok tersebut,

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...