Jokowi Andalkan Ma'ruf Amin untuk Perkuat Ekonomi Umat

Ameidyo Daud Nasution
10 Agustus 2018, 10:40
Jokowi-Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Calon presiden petahana Joko Widodo didampingi calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan para petinggi partai politik pendukung tiba di Gedung Joang, Jakarta, Jumat (10/8).

Presiden petahana Joko Widodo  (Jokowi) kembali melontarkan puja-puji kepada calon wakil presiden Ma'ruf Amin, 75. Jokowi mengatakan Ma'ruf dapat membantunya membuat kebijakan ekonomi karena memiliki pengalaman di bidang pemberdayaan ekonomi.

Jokowi, 57, mengungkapkan hal itu saat memberi pidato politik di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8). Jokowi mengatakan Ma'ruf saat dikukuhkan sebagai profesor, memberi pidato akademik soal arus ekonomi baru Indonesia. Menurut Jokowi hal ini cocok dengan Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim besar dan penduduk miskin yang masih banyak.

"Sehingga bisa memperkuat ekonomi umat di seluruh tanah air," kata Jokowi. 
(Baca juga: Alasan Jokowi dan Parpol Pilih Ma'ruf Amin sebagai Cawapres)

Jokowi merasa apabila memimpin dengan Ma'ruf, maka dapat melanjutkan pekerjaan empat tahun belakangan untuk masyarakat miskin, kawasan terbelakang, hingga di perbatasan. Tujuannya agar 40% masyarakat terbawah dapat merasakan kemajuan ekonomi.

"Kami ingin mewujudkan keadilan sosial dan melanjutkan pemerataan," kata Jokowi.

Jokowi juga memiliki alasannya berkumpul di Gedung Joang. Dia mengatakan tempat ini mewakili semangat perjuangan pemuda yang merebut serta mempertahankan kemerdekaan bangsa. Dia menjanjikan tempat ini sebagai titik awal memulai perjuangan.

"Di masa lalu pejuang politik kita, bung Karno, bung Hatta, dan Adam Malik digembleng di sini," ujar Jokowi.

(Baca juga: Berubah di Saat Terakhir, Ma'ruf Amin Dipilih Jadi Cawapres Jokowi)

Sedangkan Ma'ruf Amin menutup pidato dengan doa agar keduanya diberikan kemudahan mewujudkan cita-cita bangsa. Tidak lupa dirinya berdoa agar masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat bangkit dari bencana gempa yang melanda.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...