J&T Siapkan Rp 1,3 Triliun untuk Ekspansi ke Empat Negara

Desy Setyowati
14 Agustus 2018, 17:30
J&T Express
J&T Express
Kegiatan konvoi J&T Express di Jakarta, pada 10 September 2017 lalu.

 

Perusahaan jasa pengiriman J&T Ekspress telah resmi beroperasi di Malaysia dan Vietnam mulai bulan ini. Tahun depan, J&T Ekspress berencana merambah pasar Thailand dan Filipina.

CEO J&T Ekspress Robin Lo menyebutkan, perusahaan mengalokasikan dana US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,33 triliun sejak 2017 untuk ekspansi ke empat negara tersebut. "Sekitar Rp 800 miliar investasi itu untuk infrastruktur. Sisanya untuk pengembangan yang lain," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/8).

Ia menjelaskan, saat ini J&T Ekspress hanya melayani pengiriman barang di dalam negeri. Setelah infrastruktur siap, secara bertahap J&T Ekspress akan melayani pengiriman barang ke luar negeri yang dimulai dari Indonesia terlebih dulu. "Kami mau (bisnis) di lima negara ini berjalan lancar dulu," kata dia.

(Baca juga: Facebook Luncurkan Kampanye Laju Digital untuk Bantu UKM)

Menurut Robin, bisnis jasa pengiriman di Malaysia belum begitu berkembang. Padahal, pembeli melalui e-commerce cukup banyak di sana. Ia melihat hal serupa terjadi di Vietnam. "Pengiriman di Vietnam agak lama. Walaupun dia satu daratan, rata-rata pengirimannya memakan waktu 5-7 hari. Kalau di Indonesia saja bisa 2-3 hari, kenapa di sana tidak bisa?" ujar dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...