Komjen Syafruddin Resmi Jabat Menpan-RB Gantikan Asman

Dimas Jarot Bayu
15 Agustus 2018, 11:14
Komjen Pol Syafruddin
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah) bersama Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin resmi menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Syafruddin menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (14/8).

Prosesi pelantikan Syafruddin dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (15/8), di Istana Negara, Jakarta. Dalam prosesi itu dibacakan Surat Keputusan Presiden nomor 142P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menpan RB di Kabinet Kerja 2014-2019.

Keppres tersebut dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan. Setelah itu, Syafruddin mengucap sumpah jabatan di depan rohaniwan denhan dibimbing Jokowi.

"Bersediakah saudara diambil sumpah berdasarkan Islam?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Syafruddin. (Baca juga: Terancam Reshuffle, Asman Abnur Mundur dari Jabatan Menteri)

Usai membacakan sumpah jabatan, Syafruddin kemudian menandatangani berita acara pelantikan. Jokowi ikut menandatangani dokumen tersebut.

Prosesi kemudian ditutup dengan pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Disusul oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...