Rudiantara Klaim Palapa Ring Bakal Membuat Tarif Internet Merata

Desy Setyowati
15 Agustus 2018, 20:00
Rudiantara
Arief Kamaludin|KATADATA
Menkominfo Rudiantara menjadi pembicara kunci pada acara Katadata Forum bertajuk "Konektivitas Telekomunikasi Indonesia di Era Ekonomi Digital" di Jakarta, Selasa (29/11).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengklaim operasional Palapa Ring akan menurunkan tarif internet. Dengan begitu, tarif internet di Indonesia timur yang saat ini lebih mahal, akan setara dengan pulau-pulau di sisi barat.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan di kantor Go-Jek, Jakarta. "Kalau Palapa Ring beroperasi, saya minta tarif turun lagi. Ini akan mendorong lagi perkembangan aplikasi berbasis digital," kata dia, Rabu (15/8).

Selama menjabat sebagai menteri, Rudiantara mengaku telah dua kali memaksa operator telekomunikasi untuk menurunkan harga paket data internet. Hanya, saat ini tarif internet di Indonesia timur masih 74% lebih tinggi ketimbang di sisi barat.

(Baca juga: Cerita Nadiem Makarim Jajal Layanan Go-Jek di Vietnam

Go-Jek sendiri hari ini baru meresmikan operasionalnya di Merauke, setelah dua pekan sebelumnya membuka perwakilan di Sabang. Saat ini, Go-Jek telah hadir di 140 kabupaten di 70 kota.

Nantinya, saat jaringan internet telah merata di seluruh Nusantara, Rudiantara meminta Go-Jek hadir di 514 kabupaten/kota di Indonesia. "Di Puncak Jaya, Papua itu sudah ada ojek tapi belum Go-Jek. Kenapa tidak kesana?" kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...