Hasil Teknologi EOR untuk Produksi Blok Rokan di Bawah yang Dijanjikan

Anggita Rezki Amelia
27 Agustus 2018, 23:10
Sumur Minyak
Chevron

Teknologi tingkat lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) dengan skala penuh (full scale) ternyata hanya menambah produksi Blok Rokan sebesar 100 ribu barel per hari (bph). Padahal, awalnya teknologi ini dikabarkan bisa meningkatkan produksi hingga 500 ribu bph.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sukandar mengatakan penyerahan Blok Rokan ke Pertamina harus memberikan manfaat yang besar untuk negara. “Unsur full scale bisa produksi 100 ribu bph, mungkin bisa lebih,” kata dia di Jakarta, Senin (27/8).

Di sisi lain, menurut Sukandar, untuk penggunaan EOR membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi Pertamina harus memiliki kesiapan dana untuk menjalankan program tersebut.

Selain itu, Pertamina juga harus memiliki rencana lain untuk menjaga kinerja Blok Rokan. “Kami akan bicara detail dengan Pertamima. Kami harap mereka punya rencana lain untuk lima tahun, sehingga kami bisa kawal,” ujar Sukandar.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim PT Pertamina (Persero) mampu meningkatkan produksi Blok Rokan hingga 500 ribu barel per hari (bph). Ini didukung teknologi yang selama ini digunakan PT Chevron Pacific Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...