Persetujuan Proposal Tanjung Enim Ditargetkan Keluar Bulan Depan

Anggita Rezki Amelia
29 Agustus 2018, 19:30
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah memfinalisasi proposal pengembangan pertama (Plan of Development/PoD I) Blok nonkonvensional Tanjung Enim. Jika tidak ada kendala, proposal blok tersebut akan disetujui dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan pihaknya masih perlu merapatkan beberapa hal sebelum proposal itu disetujui resmi oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan. "Saya selesaikan ini dulu, lalu disetujui Pak Menteri kemungkinan selesai bulan depan lah," kata dia di Jakarta, Rabu (29/8).

Kementerian ESDM telah berkonsultasi dengan pemerintah daerah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam mengajukan PoD pertama blok tersebut. Adapun konsultasi daerah itu dilakukan oleh Direktur Jenderal Migas yang mewakili Menteri ESDM pada awal bulan ini.

Jika PoD I Tanjung Enim ini disetujui maka akan menjadi momentum sejarah produksi gas dari batu bara (CBM). Harapannya bisa diikuti dengan produksi blok jenis CBM lainnya yang berjumlah 54 blok.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Ediar Usman pernah mengatakan total cadangan gas nonkonvensional di Blok Tanjung Enim mencapai 127,93 BSCF. Blok ini bisa berproduksi kurang lebih 97,42 BSCF untuk 15 tahun ke depan.

Adapun blok ini diperkiraan beroperasi pada 2020 dan gas mengalir setahun berikutnya. “Pemerintah daerah sangat antusias dan mendukung. Jika nanti berproduksi produksi, harapannya bisa membuka investasi baru di blok nonkonvensional,” kata Ediar kepada Katadata.co.id, Jumat (3/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...