Rudiantara Pastikan Palapa Ring Rampung Awal 2019

Pingit Aria
29 Agustus 2018, 13:22
Rudiantara
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menkominfo Rudiantara saat pembukaan Indonesia E-Commerce Expo di Indonesia Convention Exibation (ICE), Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (9/5).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan proyek pembangunan Palapa Ring akan rampung pada awal 2019. Proyek ini merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Pembangunan Palapa Ring dibagi tiga menjadi Paket Barat, Tengah, dan Timur. Menurut Rudiantara, pembangunan Paket Tengah yang sampai Talaud, ditargetkan selesai pada September 2018 sudah beroperasi. Sementara untuk Paket Timur, konstruksinya akan selesai Desember 2018.

“Kuartal pertama tahun depan saya janjikan sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung backbone, yang disebut broadband ini,” kata Rudiantara dalam siaran pers, Rabu (29/8).

Menurut Rudiantara, ketimpangan akses telekomunikasi antara penduduk di Jakarta dengan wilayah Timur masih sangat besar. Di Jakarta, rata-rata kecepatan throughput internet mencapai 7 megabyte per second (mbps), sementara di Papua hanya sekitar 3 mbps.

“Tapi harga paketnya (di Papua), saat pertama saya masuk Kominfo, dua kali lebih mahal dari Jakarta. Tidak fair, regulasinya harus diubah,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...