Kumpulkan Menteri, Jokowi Siap Rilis Kebijakan Lawan Pelemahan Rupiah

Ameidyo Daud Nasution
4 September 2018, 13:48
Jokowi-JK
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Presiden Joko Widodo mengumpulkan para anggota Kabinet Kerja terkait pelemahan rupiah yang terjadi saat ini. Dia ingin mematangkan langkah antisipasi pelemahan rupiah dan segera mengeluarkan kebijakan terkait hal ini dalam satu - dua hari ke depan.

Hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain itu ada pula Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Pertemuan yang dimulai 09.00 WIB ini berlangsung selama kurang lebih dua jam. Usai acara, Darmin mengatakan kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih mengalami satu masalah yakni defisit transaksi berjalan. Oleh sebab itu dalam satu atau dua hari ini pemerintah akan mengeluarkan kebijakan lagi.

"Presiden menginginkan kebijakan dan langkah yang betul-betul kongkrit," kata Darmin. (Baca: Menanti Reaksi Obat Penguat Rupiah Racikan Pemerintah)

Dalam dua hari berturut-turut, Jokowi memanggil para menteri dan pimpinan lembaga ekonomi membahas nilai tukar rupiah yang terus anjlok. Rapat hari ini merupakan penajaman dari rapat kemarin. Darmin mengatakan pembahasan dalam rapat ini fokus pada persiapan kebijakan yang akan segera diumumkan. Kebijakan tersebut akan meliputi permasalahan impor, peningkatan ekspor, hingga penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Sumber Daya Alam, hingga pariwisata. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...