Jokowi Minta Toyota Tambah Investasi dan Kembangkan Mobil Listrik

Ameidyo Daud Nasution
5 September 2018, 14:56
Toyota
Youtube

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pabrikan otomotif Jepang, Toyota, menambah investasi dan mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Hal ini dilakukan agar angka investasi dan ekspor seperti yang kerap dihasilkan Toyota di Indonesia dapat ditambah.

"Saya kejar terus, nanti ke Jepang mau bertemu lagi dengan Toyota," kata Jokowi. Dia mengungkapkan hal ini saat menghadiri Pelepasan Ekspor Mobil Toyota 2018 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (5/9).

(Baca: Bahas Investasi Hyundai, Presiden Akan Bertolak ke Korea Selatan)

Terkait permintaan ini, Jokowi menyatakan akan kembali menemui Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation Akio Toyoda agar bersedia menambah investasinya di Indonesia. Ini juga dilakukan agar RI tidak kalah dari Thailand dalam hal ekspor otomotif.

Presiden juga akan mendorong Toyota mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan peta jalan pengembangan mobil listrik. Jokowi mengatakan perencanaan sedang disiapkan oleh Kementerian Perindustrian. Adapun payung hukum berupa Peraturan Presiden masih dalam proses.

"Kami harap mulai bergerak lagi ke mobil listrik," kata Jokowi. (Baca: Gaikindo Khawatir Pengembangan Mobil Listrik Matikan Industri Otomotif)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...