Mitsubishi Targetkan Ekspor Expander 30 Ribu Unit Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
25 April 2018, 18:12
Jokowi lepas ekspor expander
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam acara pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander di PT Indonesia Kendaraan Terminal atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta, Rabu (25/4).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini melepas ekspor mobil rakitan Mitsubishi Motor yakni Expander ke Filipina. Pelepasan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, hari ini. Targetnya,  total ekspor produk ini bisa mencapai 30 ribu unit tahun ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan langkah Mitsubishi ini patut diapresiasi. Ini lantaran sektor otomotif merupakan sektor yang memiliki nilai tambah tinggi, bukan berbasis sumber daya alam, serta melibatkan rantai nilai yang banyak. "Karena hanya ada dua cara tingkatkan pertumbuhan ekonomi, investasi dan ekspor," kata Jokowi saat pelepasan ekspor perdana tersebut, Rabu (25/4).

Advertisement

(Baca: Luncurkan Expander di GIIAS, Mitsubishi Bidik 20% Pangsa Pasar MPV)

Selain itu, dirinya menyambut baik rencana ekspor mobil Expander yang juga menyasar negara nontradisional. Untuk awal, selain Filipina, ekspor mobil Expander akan dikirim ke Thailand serta Vietnam. Nantinya mobil ini akan dikirim pula ke negara seperti Ekuador, Bolivia, Mesir, hingga Afrika Selatan.

Meski awalnya hanya 400, ekspor Expander ke Filipina ditargetkan capai 3.000 unit tahun ini. Sedangkan untuk total ekspor Expander ke berbagai negara ditargetkan mencapai 30 ribu unit tahun ini. Jokowi berharap investasi Mitsubishi yang telah ada dapat ditingkatkan agar ekspor dapat terus digenjot.

"Ini agar ekspornya terus meningkat tiap tahun," kata Jokowi. (Baca: Permintaan Domestik Membeludak, Ekspor Xpander Mundur ke April)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement