Grab Beli Minoritas Saham HappyFresh untuk Kembangkan GrabFresh

Desy Setyowati
18 September 2018, 14:43
Grab Taksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Grab membeli minoritas saham startup penyedia jasa belanja online produk segar, HappyFresh. HappyFresh sebelumnya merupakan mitra Grab dalam mengembangkan layanan pesan antar belanjaan produk segar, GrabFresh.

Head of Grab Ventures Chris Yeo menyatakan, investasi ke HappyFresh dilakukan melalui Grab Ventures pada Juli lalu. “Bicara tentang startup di tahap Seri A dan B, yang terbaik bagi kami dan mereka adalah pendanaan untuk saham minoritas terlebih dahulu," ujarnya dikutip dari Deal Street Asia, Senin (17/9).

Apabila startup yang didanai sudah tumbuh, maka Grab bisa mengambil alih saham lebih besar. "Setelah itu kami akan mendukung bisnis mereka dengan platform, jaringan, dan uang yang kami miliki. Apabila hal tersebut berjalan baik, maka kami bisa mengambil lebih banyak saham dari mereka,” kata dia.

Selain HappyFresh, Grab Ventures membeli startup pembayaran asal Vietnam, Moca pada bulan ini. Grab Ventures juga dikabarkan membiayai startup di bidang kesehatan dan konten Berita untuk memperkuat ekosistemnya. Hanya, Yeo enggan berkomentar lebih jauh terkait kabar tersebut.

(Baca juga: Gandeng Moca, Grab Luncurkan Uang Elektronik di Vietnam)

Ia menyampaikan, perusahaannya menyiapkan pendanaan senilai US$ 5-15 juta atau sekitar Rp 74 - 223 miliar. Biasanya, pendanaan untuk startup sebesar itu adalah Seri A ke atas atau yang sedang ekspansi. "Kami tahu kesulitan meningkatkan skala bisnis di negara lain. Karena itu, kami bersedia untuk bermitra," ujarnya.

Meski begitu, Presiden Grab Ming Maa mengatakan, Grab Ventures tidak akan mengakuisisi startup yang telah mereka danai. Tujuan utama pembiayaan ini adalah untuk membantu startup bertumbuh, bukan mengontrol mereka. Selain itu, biaya untuk akuisisi relatif sangat tinggi.

Di Indonesia, Grab Ventures berencana menginvestasikan dana sebesar US$ 250 juta atau sekitar Rp 3 triliun untuk startup potensial yang terkait ekosistem Grab sejak Agustus lalu. Grab juga sudah meluncurkan program akselerator selama 16 minggu yang bernama Grab Ventures Velocity bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) dan MDI Ventures.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...