Ingin 'Go International', 3 BUMN Kereta Gandeng Perusahaan Eropa

Image title
20 September 2018, 21:20
LRT Palembang buatan INKA
INKA
Kereta LRT buatan INKA

Menteri  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno medorong perusahaan BUMN untuk bisa mendunia. Hal ini, seiring dengan penandatangan perjanjian kerja sama tiga BUMN yang bergerak di bidang perkeretaapian dengan perusahaan asal Eropa. 

"Serangkaian kerja sama ini, sebagai upaya 'go internasional' dari industri kereta dan perlengkapan kereta Indonesia, Industri kereta Indonesia dapat menjadi pemimpin pengembangan industri kereta di kawasan ASEAN," kata Rini dalam keterangannya, Kamis (20/9).

Tiga BUMN yang menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan perusahaan-perusahaan asal Eropa tersebut yaitu, PT Len Industri, PT Industri Kereta Api (INKA), dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Penandatanganan dilakukan dalam acara pameran industri kereta, yakni Innotrans 2018 di Jerman.

Len Industri yang bergerak di bidang elektronika ini bekerja sama dengan perusahaan asal Kroasia, ALTPRO. Len Industri akan menyuplai Interlocking, LED Signal, Point Machine, CTC, dan Sistem Engineering. Sementara ALTPRO akan memasok Axle Counter System, Level Crossing, dan ATP.

(Baca: Indonesia Tawarkan Fasilitas dan Infrastruktur Kereta Api ke Sri Lanka)

Sementara, INKA akan berkolaborasi dengan SKODA. Perusahaan asal Republik Ceko ini bergerak dalam bidang perancangan dan memproduksi sistem propulsi dan kontrol perkeretaapian. Keduanya, berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kerja sama ke depannya, serta melakukan transfer teknologi pada Traction Motor dan Propulsi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...