Gempa Palu, Pertamina Prioritaskan Solar ke Genset PLN dan Rumah Sakit

Image title
1 Oktober 2018, 09:51
Pertamina Pasok Solar di Palu
Pertamina
Pasca gempa Palu dan Donggala, Pertamina bergerak cepat memenuhi kebutuhan BBM untuk Rumah Sakit dan PLN. Saat ini telah disalurkan Solar 1500 liter untuk RS Undata Palu, 2000 liter untuk PLN Area Palu, 5000 liter ke Posko Basarnas Palu, 2000 liter dan Premium 2000 liter untu RS Parigi.

PT Pertamina (Persero) memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar ke Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, khususnya untuk genset Rumah Sakit, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Ini  upaya tindak lanjut setelah  gempa bumi dan tsunami Jumat (28/9).

Solar ini nantinya digunakan untuk mendukung operasional rumah sakit. Salah satunya adalah Rumah Sakit (RS) Undata Palu. Rumah Sakit ini tidak hanya menangani pasien sakit, tetapi juga korban gempa. Di RS Undata terdapat lebih dari 200 korban gempa dan tsunami.

Sebagian besar pasien korban gempa dan tsunami tersebut menderita patah tulang yang terdiri dari pasien dewasa, anak-anak, dan beberapa pasien ibu hamil. Dengan begitu, pengoperasian genset di sana diperlukan untuk menangan pasokan listrik dan peralatan kesehatan.

Saat ini sudah disalurkan 1500 liter untuk RS Undata Palu.  Selain, RS Undata, Pertamina telah mengirimkan BBM yakni Solar 2 ribu liter dan Premium 2 ribu liter untuk kebutuhan RS Parigi, melalui depot Poso.  “Kami berkoordinasi untuk mendatangkan mobil tangki industri,” ujar Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region VII Roby Hervindo berdasarkan keterangan resminya, Senin (1/10).

Tak hanya rumah sakit. Pertamina juga menyalurkan Solar 2000 liter untuk Kantor PLN Area Palu. Solar untuk genset raksasa milik PLN guna memulihkan pasokan listrik di sebagian wilayah Donggala dan Palu, yang Jumat sore lalu, padam usai gempa mengguncang Sulawesi Tengah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...