Pertamina Perluas Penyebaran BBM Satu Harga

Image title
14 Agustus 2018, 20:27
BBM Satu Harga
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Sebuah mobil tangki mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) melintasi kawasan Siantan usai dilepas Presiden Joko Widodo dari Terminal BBM Pertamina Pontianak, Kalbar, Jumat (29/12).

PT Pertamina terus memperluas cakupan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di sejumlah pom bensi atau SPBU. Tahun ini, perusahaan pelat merah itu menargetkan 67 titik penyebaran BBM satu harga terealisasi.

Dari target tersebut, hingga Agustus ini, Pertamina sudah merealisikan 12 titik baru SPBU satu harga. Jumlah tersebut akan menambah penyebaran program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo itu. Pada pada tahu lalu, sudah ada 54 sejak BBM satu harga.

“Hingga Agustus 2018 sudah dioperasikan 66 lembaga penyalur, 54 pada 2017 dan 12 pada 2018,” kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Adiatma Sardjito, kepada Katadata.co.id, Senin (14/08). (Baca juga: BPH Migas Targetkan 73 Titik Penyalur BBM Satu Harga di 2018).

Dalam penyaluran BBM, Adiatma menegaskan tidak ada kendala. Hanya, yang menjadi tantangan besar adalah kondisi alam dan infrastruktur akses ke lokasi penyebaran karena berada di lokasi terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di wilayah Indonesia.

Sebagai contoh yakni kondisi geografis yang aksesnya sulit ditembus dan kendala perizinan yang masih perlu bantuan dan dukungan dari stakeholder agar percepatan pengoperasian dapat terlaksana sesuai target.

Selain itu, Pertamina sudah merealisasikan 19 titik dari 27 target titik BBM satu harga di Provinsi Papua. Sedangkan untuk konsumsi BBM di daerah 3T hanya sekitar 0,3 persen dari total penyaluran BBM nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...