IMF dan World Bank Siapkan Dana Bantuan Buat Korban Bencana RI

Rizky Alika
1 Oktober 2018, 21:01
Bank Dunia
Arief Kamaludin | Katadata

Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Dunia (World Bank) berencana untuk menyumbang dana bagi korban bencana gempa bumi baik di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), maupun Palu, Sulawesi Tengah.  Namun, belum bisa dipastikan berapa besaran dana sumbangan yang dimaksud.

Ketua Pelaksana Harian pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 Susiwijono menjelaskan, sumbangan dana tersebut merupakan inisiatif kedua lembaga. Pemerintah Indonesia sendiri belum memutuskan soal kemungkinan membuat agenda khusus penggalangan dana dalam pertemuan IMF-World Bank di Bali pada 8-14 Oktober mendatang.

“Ini inisiatif internal mereka. Untuk acara penggalangan dana, kami belum putuskan,” kata dia saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (10/1). (Baca juga: Kementerian Keuangan Cairkan Rp 560 Miliar Buat Gempa Palu)

Adapun yang sudah diputuskan yakni soal pergeseran tema pertemuan tahunan IMF-World Bank dari sebelumnya banyak terkait kebudayaan dan ekonomi Indonesia, menjadi bertemakan solidaritas dalam menghadapi bencana alam. Rencananya, bakal ada pertemuan yang membahas soal asuransi bencana (Disaster Risk Finance and Insurance/DRFA) dan dana cadangan darurat (Deffered Deawdown Option/DDO).

"Negara yang rawan akan bencana alam, gempa, bukan cuma Indonesia saja, jadi ini bagus sekali kami inisiasi. Tapi seperti apa substansinya, nanti akan dijelaskan lebih jauh di sana," kata Susiwijono.

(Baca juga: Gempa Mematikan Sepanjang 2018)

Dalam kesempatan tersebut, ia pun memastikan pertemuan tahunan IMF-World Bank tetap akan berjalan, meskipun di tengah bencana gempa di sejumlah wilayah. Sebagai bentuk antisipasi, panitia telah melakukan pemeriksaan atas ketahanan gempa di sejumlah tempat yang menjadi lokasi penyelenggaraan perhelatan tersebut.

Menurutnya, struktur gedung utama dan hotel resmi, yaitu Bali International Convention Centre, Hotel Westin,  Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali Nusa Dua Hotel, Courtyard, Sofitel, dan Hotel Grand Hyatt dalam keadaan baik.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...