Bukit Asam Beberkan Dua Penyebab Data Ekspor Batu Bara Berbeda

Image title
11 Oktober 2018, 14:19
Bukit Asam_www.ptba_.co_.id_.jpg
www.ptba.co.id

PT Bukit Asam Tbk akhirnya buka suara mengenai perbedaan data ekspor batu bara. Perbedaan data ekspor ini terjadi dalam periode 2014 hingga 2016. Perbedaan ini terjadi untuk ekspor batu bara ke Filipina.

Sekertaris Perusahaan PT Bukit Asam Suherman mengatakan perbedaan data ekspor ini bisa disebabkan dua hal. Pertama, ada penyesuaian nilai secara kualitas batu bara.

Kedua, ada fee atau biaya yang diambil dari pihak ketiga (trader), sehingga nilai ekspor yang tercatat berbeda. “Ini karena untuk penjualan ke Filipina, kami tidak menjual langsung ke end user,” kata kepada Katadata.co.id, beberapa hari lalu.

Sementara itu, menurut Suherman, perusahaannya paling banyak menual ke dalam negeri yakni PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Ada juga penjualan ke pabrik semen dan pupuk.

Untuk ekspor selain Filipina, ada Tiongkok, Jepang, Taiwan, India, Vietnam, Hongkong. Namun, Suherman belum bisa merinci besaran ekspor tersebut. “Akhir bulan ini kami release laporan kuartal III tahun 2018. Tunggu dulu, lagi disiapkan laporannya,” ujar Suherman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...