Sri Mulyani Sabet Empat Penghargaan Internasional di Era Jokowi

Penulis: Martha Ruth Thertina

14/10/2018, 16.11 WIB

Sri Mulyani meraih tiga penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik dan satu penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia.  

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
AJENG DINAR ULFIANA I KATADATA
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati saat menerima Global Markets Awards 2018 di Bali, (13/10).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik Timur dari Global Markets pada Sabtu (13/10). Ini menambah deretan panjang penghargaan “Menteri Keuangan Terbaik” atau “Menteri Terbaik” yang dia terima selama menjabat di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setidaknya ada empat penghargaan "Menteri Keuangan Terbaik" atau "Menteri Terbaik" yang disabet Sri Mulyani semenjak bergabung dalam kabinet Jokowi. Pada 2017, ia mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Ia mengungguli puluhan menteri keuangan lain di kawasan. Penghargaan yang sama kembali diberikan FinanceAsia kepada Sri Mulyani pada awal tahun ini.

(Baca juga: Sri Mulyani Pertahankan Gelar Menteri Terbaik di Asia Pasifik)

FinanceAsia memberikan penghargaan tersebut lantaran menilai Sri Mulyani berhasil memanfaatkan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS). Ia dianggap berhasil menjaga stabilitas belanja negara yang tercermin dari defisit anggaran yang lebih rendah dibandingkan proyeksi.

Penghargaan yang lebih besar diterima Sri Mulyani dalam gelaran World Government Summit 2018. Ia dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia. Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya diterima menteri di kawasan Asia. (Baca juga: Sabet Gelar Menteri Terbaik di Dunia, Sri Mulyani yang Pertama di Asia)

Penentuan pemenang atas penghargaan tersebut dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young yang ditunjuk World Government Summit. Sebelumnya, penghargaan yang sama diberikan kepada Greg Hunt ketika menjadi Menteri Lingkungan Australia (2016) dan Awa Marie Menteri Kesehatan Senegal (2017).

Yang terbaru, Sri Mulyani meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik Timur dari Global Markets. Penghargaan ini diberikan di sela-sela pertemuan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund)-Bank Dunia (World Bank) 2018 di Bali, pada Sabtu (13/10). (Baca juga: Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Timur)

Kinerja anggaran negara yang meningkat pesat dalam tiga tahun terakhir, tercermin dari realisasi penerimaan pajak yang meningkat diikuti realisasi belanja negara yang mencapai level tertingginya dalam enam tahun, ditambah reputasi Sri Mulyani yang dikenal antikorupsi dan tegas jadi alasan utama pemberian penghargaan tersebut. Penghargaan ini juga melihat kinerja Sri Mulyani ketika menjabat menteri keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Reporter: Hari Widowati dan Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan