Ada Blok Eksplorasi yang Tak Laku Dilelang

Anggita Rezki Amelia
15 Oktober 2018, 20:11
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan dari enam blok minyak dan gas bumi (migas) yang dilelang, tak semuanya laku. Blok yang tidak laku itu adalah yang tergolong masih eksplorasi.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan dari enam blok yang dilelang, hanya blok produksi yang laku seluruhnya.  "Blok terminasi laku semua, kalau yang eksplorasi belum lah," kata dia di Jakarta, Senin (15/10).

Dari data Kementerian ESDM, enam blok migas yang dilelang itu terdiri dari tiga blok yang masih berstatus eksplorasi dan sisanya eksploitasi. Semuanya dilelang dengan skema lelang reguler. Skema reguler ini berarti pemerintah menyiapkan data-datanya mengenai blok migas.

Tiga blok eksplorasi yang dilelang yakni Banyumas, Andika Bumi Kita, dan Southeast Mahakam. Sementara tiga blok eksploitasi yang dilelang terdiri dari Selat Panjang, Makassar Strait dan South Jambi B.

Data yang diperoleh Katadata.co.id, per September hanya delapan perusahaan yang mengakses dokumen. Jika dirinci ada tiga perusahaan yang mengambil dokumen Makassar Strait. Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, ada dua perusahaan besar yang ikut mengakses dokumen lelang Blok Makassar Strait. Mereka adalah BP dan ENI.

Selain itu ada dua perusahaan mengakses dokumen Blok South Jambi B. Dokumen lelang Blok Selat Panjang juga diakses dua perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...