Amartha dan Bank Ganesha Teken Kerja Sama Pembiayaan Mikro

Pingit Aria
17 Oktober 2018, 18:49
Amartha
Katadata/Desy Setyowati
Dari kiri: Peminjam Amartha, Ratna Nurhayati; CEO and Founder Amartha Andi Taufan Garuda Putra; Kepala Perizinan dan Pengawasan Fintech Direktorat Kelembagaan dan Produk Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Alvin Taulu; Ekonom Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) Bhima Yudistira dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (22/5).

Amartha dan Bank Ganesha bekerja sama dalam memberikan akses pembiayaan ke pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Bank Ganesha telah menyiapkan dana Rp 200 miliar untuk memperkuat modal kerja serta ekspansi para pelaku usaha mikro di Indonesia.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra dan  Presiden Direktur Bank Ganesha, Lisawati yang turut dihadiri oleh Direktur Bisnis, Setiawan Kumala, Vice President of Amartha, Aria Widyanto di Jakarta, Selasa (16/10).

“Kerja sama ini sejalan dengan strategi Bank Ganesha di tahun ini yaitu untuk lebih memfokuskan penyaluran kredit di segmen retail Small Medium Enterprises (SME) serta mendukung pemerintah dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia,” kata Lisawati.

Dalam kerja sama ini, Amartha akan mereferensikan mitra pengusaha mikro yang sesuai dengan kriteria Bank Ganesha. Selanjutnya, Bank Ganesha akan menentukan mitra UMKM yang dapat memperoleh fasilitas kredit. Melalui proses scoring dari Amartha, diharapkan dapat membantu Bank Ganesha dalam meminimalisir peluang terjadinya Non Performing Loan (NPL) di kemudian hari.

(Baca juga: Perempuan Diklaim Lebih Rajin Membayar Pinjaman di Fintech)

Amartha juga menggandeng PT Equity Life Indonesia untuk melindungi debitur dari ketidakmampuan melunasi sisa pinjaman akibat risiko meninggal dunia. Dalam kesempatan ini juga hadir CEO Equity Life Indonesia, Samuel Setiawan dan Direktur Equity Life Indonesia, David Soetadi.

Andi berharap kerja sama ini akan mendorong kemajuan pengusaha mikro di seluruh Indonesia. Sebagaimana juga dengan peran Amartha dalam mewujudkan inklusi keuangan untuk masyarakat terutama di pedesaan. “Kerja sama ini akan membantu lebih banyak pengusaha mikro terpercaya di daerah, untuk mendapatkan akses pembiayaan dan pendampingan usaha,” kata Andi.

Halaman:
Reporter: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...