Kementerian ESDM Lelang 10 Blok Migas Baru Pekan Depan

Anggita Rezki Amelia
19 Oktober 2018, 17:32
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membuka lelang blok minyak dan gas bumi (migas) dalam waktu dekat. Ini merupakan lelang ketiga yang dilakukan tahun ini.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan dilelang tergolong baru dan belum pernah dilelang sebelumnya. Sayangnya, jumlahnya belum bisa dipublikasikan dengan alasan masih tahap evaluasi.

Meski begitu, skema lelang blok tersebut menggunakan penawaran langsung. Dengan skema ini, investor sudah lebih dulu melkukan studi bersama (joint study) untuk mengetahui potensi cadangan yang ada. "Pekan depan buka lelang baru," kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/10).

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengatakan lelang tahap tiga itu jumlah bloknya bisa mencapai 10. “Saya sudah menandatangani surat keputusan. Ada yang mau kami lelang lagi tahun ini atau tahap 3. Jumlahnya delapan sampai 10 blok," kata dia dikutip dari website Migas, Jumat (19/10).

Selain membuka lelang, Arcandra juga akan mengumumkan pemenang lelang blok migas tahap dua yang telah ditutup pekan lalu. Setidaknya ada enam blok migas yang dilelang pada tahap dua lalu.

Enam blok itu terdiri dari tiga blok yang masih berstatus eksplorasi dan sisanya eksploitasi. Semuanya dilelang dengan skema lelang reguler. Skema reguler ini berarti pemerintah menyiapkan data-datanya mengenai blok migas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...