Buka Trade Expo Indonesia, Jokowi: Gunakan Perang Dagang Jadi Peluang

Ameidyo Daud Nasution
24 Oktober 2018, 14:05
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kalangan dunia usaha dan jajarannya untuk menjadikan perang dagang dunia saat ini sebagai sebuah peluang yang harus digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan ekspor. Sebab, akan ada pasar yang ditinggalkan dari memanasnya hubungan dagang dua negara yang berseteru.

Seperti diketahui sebelumnya, hubungan dagang  Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok terus memanas. Kedua negara kerap melakukan aksi balas dengan mengenakan tarif impor atas komoditas ekspor masing-masing negara. 

Oleh sebab itu,  dampak perang dagang ini membuka peluang yang harus digunakan semaksimal mungkin untuk memacu ekspor. "Ini adalah peluang dan harus digunakan sebaik mungkin," kata Jokowi  dalam pidato pembukaan Trade Expo Indonesia di Indonesia Convention Exhibition (ICE)  Tangerang Selatan, Rabu (24/10). 

(Baca: Kemendag Targetkan 68 Kontrak Dagang pada Pameran TEI)

Jokowi juga mengingatkan Kementerian Perdagangan untuk memperluas ekspor ke pasar non tradisional seperti Afrika. Sementara kawasan lain yang perlu terus diperkuat adalah Asia Tenggara. Menurut Presiden, meskipun dekat, kawasan ini kurang mendapat perhatian dengan baik. "Sehingga (kalau) ekspor naik dan neraca perdagangan surplus," kata dia.

Jokowi pun mengapresiasi capaian neraca perdagangan  selama Agustus 2018 yang   mencatat surplus US$ 230 juta. Namun, dia juga mencatat defisit transaksi berjalan masih sebesar US$ 17,3 miliar. Oleh sebab itu usaha memangkas defisit seperti memperluas pasar ekspor perlu digenjot.

"Caranya ya dengan memperbesar ekspor dibanding impor," ujar dia.

Menurutnya, pemerintah akan berupaya mendorong  ekspor melalui pemberian insentif. Meski demikian, mantan Gubernur DKI tersebut juga meminta pelaku usaha terus berinovasi dengan memperbarui produk dan kemasan agar menarik secara promosi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...