Selain Beras, BPS Bakal Hitung Produksi Jagung dengan Metode KSA

Michael Reily
24 Oktober 2018, 17:13
Ekspor Jagung
Katadata
Produksi jagung nantinya juga akan dihitung dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA).

Badan Pusat Statistik (BPS) akan menghitung produksi jagung dengan metodologi baru Kerangka Sampel Area (KSA) pada tahun depan. Penghitungan bakal dilakukan dengan proyek percobaan untuk pendalaman prosedur agar tepat guna.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan masih melakukan pendalaman dan pengkajian penghitungan produksi jagung. "Ada harapan untuk menghitung produksi jagung tapi kami akan lihat untuk pengkajian baru," kata Suhariyanto di Jakarta, Rabu (24/10).

Pengembangan penghitungan produksi komoditas pertanian selain beras, menurut Surhariyanto sejalan dengan arahan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

(Baca: Sejumlah Kalangan Pertanyakan Data Surplus Produksi Jagung)

Meski begitu,  dia mengaku pihaknya masih memerlukan waktu untuk mendalami penghitungan produksi jagung dengan tim yang tergabung dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Kementerian Agraria dan Tata Ruang. "Tiga tahun kami terus berbicara tentang padi," ujarnya.

Menurutnya, ada perbedaan  kebiasaan tiap daerah dalam penanaman jagung dengan padi. Karenanya, BPS aka menyiapakan prosedur yang lebih detail dala penghitungan produksi jagung seperti dengan menghitung luas lahan serta produktivitas jagung.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...