Basarnas Bawa 26 Kantong Jenazah dari Lokasi Jatuhnya Lion Air JT 610

Dimas Jarot Bayu
30 Oktober 2018, 15:25
No image
Hasil evakuasi, Basarnas menemukan barang-barang korban, bagian tubuh, dan kartu identitas penumpang dan membawanya ke Posko Basarnas Jakarta International Container Center (JICT) II, Jakarta Utara.

Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan sejumlah bagian dalam pencarian korban dan bangkai pesawat Lion Air JT 610. Temuan tersebut dimasukkan ke dalam 26 kantong jenazah. Jumlah ini bertambah dua buah dari operasi sebelumnya sebanyak 24 kantong jenazah.

Sebelumnya, 10 dari 24 kantong jenazah yang telah ditemukan berisikan potongan bagian tubuh korban. Sementara, 14 kantong jenazah berisikan puing pesawat Lion Air JT 610. (Baca: Pemerintah Siapkan Tunjangan Bagi Keluarga PNS Korban Lion Air JT610).

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar mengatakan dua kantong jenazah tambahan didapatkan dari hasil operasi Tim SAR Gabungan sejak Selasa (30/10) pagi hingga siang. Kedua kantong tersebut masih di atas KN SAR Basudewa Jakarta dan Kapal Baruna Jaya. “Nanti semua yang menjawab (isinya) teman-teman di DVI Polri,” kata Didi di Jakarta, Selasa (30/10).

Menurut Didi, pencarian korban dan bangkai pesawat Lion Air JT 610 hingga saat ini terus dilakukan. Ada 13 area prioritas pencarian hari ini. Radius pencarian diperluas sejauh 10 nautical mile (NM). (Baca juga: KNKT: Lion Air JT 610 Tidak Meledak di Udara).

Pencarian dengan penyisiran di dalam air dilakukan dengan melibatkan 35 unsur laut. Di sektor satu, pencarian mengerahkan empat kapal yang dilengkapi peralatan deteksi bawah laut, seperti Multi Beem Echo Sounder (MBES), Side Scan Sonar, dan Remotly Operated Umderwater Vehicle (ROV).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...