Pesta Diskon 11.11 atau 12.12, Mana yang Lebih Diminati?

Desy Setyowati
2 November 2018, 11:03
Lazada Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Beberapa e-commerce sudah menggelar kampanye untuk pesta diskon 11.11 pada 11 November mendatang. Sementara di Tiongkok kampanye Single’s Day yang dipelopori Alibaba ini begitu ditunggu, masyarakat Asia Tenggara rupanya lebih tertarik dengan 12.12. Di Indonesia, tanggal cantik itu dikenal dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo mencatat, peningkatan penjualan selama pesta diskon 12.12 di Asia Tenggara mencapai 258% dibanding hari-hari biasanya pada 2017. Sedangkan pada 11.11, kenaikannya 238%.

Advertisement

"Walaupun peretail sudah berinvestasi untuk 11.11 dan mencetak rekor baru (penjualan),  12.12 mulai memobilisasi pembeli dan memberi peluang yang sama besar," ujar General Manager Southeast Asia, Hong Kong, dan Taiwan Criteo Alban Villani dalam siaran pers, Kamis (1/11).

Criteo mencatat, penjualan rerata situs perusahaan retail utama di Asia Tenggara meningkat 32% sepanjang 4 hingga 11 November 2017. Khusus pada 11 November 2017, kenaikannya mencapai 238%. Lonjakan penjualan pada hari puncak diskon ini dimulai sejak pukul 10 pagi hingga tengah malam. Pada pukul 9 malam, aktivitas meningkat hingga 160%.

(Baca juga:  Pesta Diskon 11.11, Lazada Targetkan Transaksi Lebihi Rp 1,6 Triliun)

Pembeli melakukan riset dan pembelian produk melalui semua kanal, baik desktop, situs ataupun aplikasi di ponsel pintar (smartphone). Namun, transaksi melalui aplikasi di smartphone meningkat 278% dibanding hari biasanya pada 11 November 2017. 

Ada lima kategori barang yang mengalami peningkatan penjualan signifikan selama Singles’ Day di Asia Tenggara. Kategori kesehatan dan kecantikan naik 526%; fashion 384%;  elektronik 407%; perlengkapan rumah tangga 439%; serta, mainan dan gawai  291%.

Yang menarik, penjualan selama 12.12 di Vietnam dan Indonesia lebih tinggi ketimbang 11.11.  Peningkatan penjualan retail di Vietnam naik 387% dan di Indonesia 340% pada 12 Desember 2017. Sementara kenaikan penjualan di Singapura mencapai 530% dan Taiwan 193%. 

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement