Dalam Satu Jam 11.11, Penjualan Online Alibaba Tembus Rp 149 Triliun

Muchamad Nafi
11 November 2018, 09:31
Alibaba
Katadata | Muchamad Nafi

Ajang penjualan online terbesar yang digelar Alibaba Group dimulai pukul 00.00, Minggu (11/11). Katadata.co.id yang  mengikuti langsung ajang itu di Shanghai, Tiongkok, mencatat, hanya dalam satu jam, total transaksi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) masyarakat di berbagai penjuru dunia yang berbondong-bondong menyerbu ajang “11.11 Global Shopping Festival” ini mencapai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 149 triliun.

Dalam satu jam ini, angka tersebut sudah melampaui total GMV tahun 2016 sebesar RMB 120,7 miliar. Bahkan, hingga pukul 09.00 Minggu pagi, jumlahnya mencapai RMB 126,72 miliar atau US$ 18,27 miliar. Bila ditilik penjulan per menit dini hari tadi, total GMV US$ 1 miliar (RMB 6,9 miliar) tercapai hanya dalam tempo 1 menit 25 detik melalui transaksi Alipay.

(Baca: Satu Dekade Pesta Diskon 11.11, Alibaba Optimistis Cetak Rekor Lagi).

Para pembeli dari penjuru dunia itu berbelanja melalui semua jaringan e-commerece Alibaba, terutama Tmall yang berbasis di Cina. Di negara lain, seperti Indonesia, mereka bertansaksi melalui Lazada. Ada pula yang berbelanja di market place retail lainnya seperti AliExpress. Menurut keterangan resmi Alibaba, semua nilai tersebut sudah termasuk biaya pengiriman  yang dibayarkan jika tersedia.

Dengan pergerakan begitu cepat ini, target untuk melewati rekor tahun lalu kemungkinan tercapai. Pada 2017, total GMV US$ 25,3 miliar. Masih ada waktu 15 jam menuju penutupan pesta diskon belanja ini, yang dahulu diperingati sebagai “Single's Day”, sebuah perayaan yang digelar para pemuda-pemudi di Cina yang masih menyendiri atau jomblo.

Bila di tengok ke belakang, Festival 11.11 pertama di 2009 meraup transaksi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 7,8 juta. Jumlahnya terus melejit setiap tahun seiring dengan pengguna internet di Tiongkok yang meningkat menjadi 802 juta dalam 10 tahun terakhir, dan 98 persen di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam.

(Baca: Perjalanan Alibaba Memanjakan Para Jomblo dengan Pesta Diskon)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...