Bank Dunia Bantah Klaim Prabowo 99% Rakyat Hidup Pas-pasan

Rizky Alika
12 November 2018, 16:16
Bank Dunia
Arief Kamaludin | Katadata

Lead Economist Bank Dunia Vivi Alatas menepis pernyataan Calon Presiden Prabowo Subianto yang menyebut bahwa 99% masyarakat Indonesia hidup pas-pasan. Vivi mengatakan data tersebut bukan berasal dari Bank Dunia.

"Itu bukan perhitungan kami, saya tidak tahu perhitungan siapa," kata dia dalam Seminar Indonesia Economic Outlook 2019 di Universitas Indonesia, Depok, Senin (12/11).  

Advertisement

(Baca juga: Prabowo Klaim 99% Rakyat Hidup Pas-Pasan, Jokowi: Angkanya dari Mana?)

Ia menjelaskan, berdasarkan perhitungan Bank Dunia, masyarakat Indonesia yang masuk golongan miskin sekitar 9% dari total penduduk. Angka tersebut sesuai survei Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2018 bahwa jumlah masyarakat miskin 9,82% dari total penduduk atau sebanyak 25,95 juta orang.

Jumlah tersebut menurun sekitar 630 ribu orang dibandingkan survei sebelumnya pada September 2017 yang sebanyak 26,58 juta orang atau 10,12% dari total penduduk. 

(Baca juga: BPS: Angka Kemiskinan Indonesia Lebih Rendah versi Metode Bank Dunia)

Lebih lanjut, data Bank Dunia menunjukkan sebanyak 22% masyarakat Indonesia masuk golongan kelas menengah. Kemudian, "Masyarakat sparing middle class yang sudah tidak miskin dan tidak rentan 45%," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement