Ekspor Industri Oleokimia Diprediksi Capai Rp 73,8 Triliun di 2019

Image title
Oleh Ekarina
15 November 2018, 10:04
Buah Sawit
Arief Kamaludin | Katadata

Ekspor industri oleokimia  pada 2019 diperkirakan bisa menembus angka US$ 5 miliar atau setara Rp 73,8 triliun, tumbuh 20% dari ekspor tahun ini yang diprediksi mencapai US$ 4,17 miliar. Menurut asosiasi industri, peningkatan tersebut sejalan dengan volume permintaan oleokimia di pasar ekspor yang diprediksi meningkat sebesar 12% menjadi 5,36 juta ton pada 2019 untuk keperluan berbagai macam bahan baku kosmetik.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN) Rapolo Hutabarat mengatakan pertumbuhan industri oleokimia Indonesia sepanjang tiga tahun terakhir terus menunjukkan tren peningkatan.

Dari sisi volume, industri oleokimia rata-rata tumbuh 10,68% per tahun. Sedangkan dari sisi nilai ekspor rata-rata pertumbuhannya mencapai 19,61% per tahun. Meningkatnya pertumbuhan produk oleokimia salah satunya ditopang pemakaian produk perawatan tubuh dan kosmetik.

(Baca: B20 Topang Kenaikan Serapan Sawit 39% per September 2018)

“Pariwisata turut menggerakanpermintaan produk oleokimia. Sebab, sewaktu bepergian, mereka umumnya membawa produk kosmetik dan perawatan badan seperti sabun dan shampoo. Ini berdampak positif bagi industri  oleokimia,”ujar Rapolo dalam keterangan resmi.

Permintaan global terhadap produk-produk oleokimia juga diprediksi mengalami pertumbuhan yang positif seiring dengan berbagai upaya bersama yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku usaha dalam membuka pasar baru untuk produk olahan minyak sawit.

Ekspor produk oleokimia umumnya ditujukan ke sejumlah negara tujuan utama seperti Uni Eropa, Tiongkok, India, Korea Selatan, dan Jepang. Sementara beberapa  pasar potensial ekspor oleokimia yang masih bisa ditingkatkan di antaranya berasal dari negara-negara di Benua Afrika.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...