Bekraf Gandeng Pebisnis Kopi untuk Pasarkan Logo "Kopi Indonesia"

Dini Hariyanti
22 November 2018, 16:30
Kopi Nusantara
Dini Hariyanti | Katadata
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar diskusi dengan awak media guna mensosialisasikan logo "Kopi Indonesia", di Jakarta, Kamis (22/11).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggandeng para pelaku bisnis membuat logo khusus perkopian. Kata "kopi" dan "Indonesia" tampil dengan desain menyerupai cangkir kopi. Setiap logo "Kopi Indonesia" dapat ditambahkan nama daerah asal kopi.

Andy Ruswar selaku Kasubdit Pasar Segmen Bisnis dan Pemerintah Deputi Pemasaran Bekraf mengatakan, logo tersebut tak hanya menampilkan keunikan masing-masing daerah penghasil kopi, melainkan pula ikon pemersatu keragaman kopi nusantara.

"Kualitas kopi Indonesia tidak diragukan lagi. Jadi, mari duduk bersama-sama untuk membicarakan bagaimana strategi memasarkan kopi nusantara ke luar negeri (lebih optimal)," ucapnya dalam diskusi media terkait kopi nusantara, di Jakarta, Kamis (22/11).

Logo "Kopi Indonesia" diklaim mendapatkan sambutan positif pada saat uji coba sejak Apri 2018. Bekraf menyatakan, ikon umum perkopian ini berasal dari proses dialog dengan berbagai pemangku kepentingan usaha kopi di Tanah Air (Baca juga: Kopi Giling Diminati, Pabrikan Kopi Skala Besar Tak Perlu Gusar

Aset logo yang disediakan Bekraf diharapkan dapat membantu meningkatkan penghargaan atas mutu, keunikan rasa, serta kreativitas industri pengolahan maupun penyajian kopi lokal. Fokus Bekraf tak sekadar menjadikan kopi sebagai komoditas melainkan bagian dari gaya hidup.

Oleh karena itu, minuman seduh kopi tak lagi menjadi produk yang hanya dinikmati orang tua di warung sederhana. Kedai kopi kini semakin menjamur di berbagai wilayah, masing-masing menyajikan konsep berbeda-beda dengan harga yang bervariasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...