Pengusaha Kayu Olah Minta Kepastian Pasokan Bahan Baku

Michael Reily
27 November 2018, 05:00
Meubel Kayu
Antara Foto/Syifa Yulinnas
Seorang pekerja sedang menyelesaikan pembuatan meubel berbahan baku kayu di salah satu industri meubel di Aceh Timur. Ekspor meubel saat ini cukup menjadi andalan pemerintah.

Asosiasi Panel Kayu Indonesia (Apkindo) meminta pemerintah memberikan kemudahan dan  kepastian pasokan bahan baku untuk mendukung industri kayu nasional.  Menurut asosiasi, industri  tanaman hutan saat ini tak dapat berkembang karena sulit mengakses pendanaan dari perbankan.

Ketua Apkindo Martias menyatakanindustri kerap menemui kesulitan memperoleh pendanaan karena  syarat jaminan berupa hak atas tanah tak sesuai dengan bukti dokumen Hutan Tanaman Industri (HTI) berupa surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). "Jika ingin berkembang, syarat dapat diganti dengan jaminan fidusia atas HTI," kata Martias di Jakarta, Senin (26/11).

Menurutnya, persyaratan itu berbeda dengan Hak Guna Usaha yang hanya mensyaratkan dokumen dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Perbankan mensyaratkan syarat jaminan berupa peminjaman dana dalam bukti HGU sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

(Baca: Pelonggaran DNI, Pengusaha Kayu Tak Gentar Bersaing dengan Asing)

Martias menjelaskan seharusnya ada jaminan dari nilai tanaman. Selain itu, komponen asuransi juga seharusnya mampu mencakup hak tersebut sehingga bank merasa aman untuk meminjamkan dana kepada industri yang ingin melakukan penanaman HTI.

HTI di Pulau Jawa menurutnya sudah cukup menyediakan  bahan baku untuk industri. Berbeda dengan di luar Pulau Jawa, yang mana bahan baku umumnya  berasal dari hutan alam produksi, hutan rakyat, dan perkebunan.

Pengembangan HTI  berpotensi terus dilakukan seiring dengan karektistik iklim tropis Indonesia. "Curah hujan dan matahari sepanjang tahun sangat memungkinkan bagi HTI dalam kurun waktu tanam sampai 10 tahun sudah siap dipanen sebagai bahan baku industri kayu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...