Astra Financial Kantongi Pembiayaan Rp 1,1 Triliun dari Pameran GIIAS

Image title
30 November 2018, 16:26
GIIAS otomotif
Katadata | Arief Kamaludin
Gelaran GIIAS.

PT Astra International Tbk melalui lini bisnisnya di bidang keuangan, Astra Financial, mampu mengantongi total pembiayaan sebesar Rp 1,1 triliun pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIAAS) 2018 yang diselenggarakan pada 2-12 Agustus lalu. Astra Financial merupakan sponsor utama acara tersebut.

Raihan tersebut didapat dari enam lembaga jasa keuangan Astra Financial yang berpartisipasi pada acara tersebut. Mereka adalah Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, PermataBank, Federal International Finance (FIF Group), dan Astra Life.

"Berkat animo masyarakat yang luar biasa, kami dapat Rp1,1 triliun nilai aplikasi pembiayaan yang di dalamnya ada asuransi kendaraan bermotor, asuransi jiwa dan perbankan," kata Direktur Astra International yang merangkap sebagai Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin di Jakarta, Jumat (30/11).

(Baca: Sempat Turun, Astra Kembali Incar 50% Pangsa Pasar Kendaraan)

Adapun, capaian Astra Financial lainnya, disebutkan oleh Suparno adalah FIF Group yang mampu mendapatkan lebih dari 350 aplikasi. Lalu, PermataBank yang mampu memperoleh 6.000 nasabah baru selama gelaran GIIAS 2018 di Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Untuk proyeksi pembiayaan di industri otomotif tahun depan, Suparno mengaku akan mengikuti proyeksi industri otomotif. Meski belum mendapatkan proyeksi pertumbuhan penjualan otomotif tahun depan dari Gaikindo, dia optimis industri ini masih bisa tumbuh.

"Astra sudah mengantisipasi kondisi ekonomi saat ini di mana suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang posisinya sudah naik 175 basis poin menjadi 6%. Kami antisipasi dengan melakukan efisiensi dan penghematan. Karenanya, dampak terhadap konsumen otomotif Astra Finance tidak besar," papar Suparno.

Suparno mengungkapkan, Astra Financial sudah menaikkan suku bunga kredit pembiayaan di sektor otomotif meski tidak secara langsung dinaikan seiring keputusan BI menaikan suku bunga acuan. Kenaikan bunga kredit Astra Finance rata-rata sepanjang tahun hanya 0,25% hingga 0,5%, tergantung dengan tipe produk dan tenor pinjamannya.

"Kalau kredit mobil 'kan jangka waktunya panjang, 4-5 tahun. Kalaupun ada dampaknya, paling cuma puluhan ribu," kata Suparno.

(Baca juga: Pajak Naik, Gaikindo Minta Pemerintah Cermati Kriteria Mobil Mewah)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...