Bulog Sebut Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Michael Reily
11 Desember 2018, 13:45
Persediaan Beras di Gudang Bulog
Antara Foto / Rony Muharrman
Seorang pekerja sedang memasukan beras di sebuah gudang Bulog di Pekan Baru, Riau.

Perum Bulog menjamin pasokan dan harga pangan bakal aman menjelang natal dan tahun baru. Sebab, stok bahan pokok yang ada di gudang Bulog, baik yang berasal dari penugasan penyerapan komoditas di pasar domestik maupun impor, saat ini dinilai dalam posisi cukup untuk memenuhi kebutuhan periode tersebut.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menjelaskan bahwa pihaknya terus memastikan ketersediaan pasokan serta upaya menstabilisasi harga di seluruh Indonesia."Kami siapkan instrumen pengendalian harga di tingkat eceran,” kata Budi dalam keterangan resmi, Selasa (11/12).

(Baca: Harga Sejumlah Pangan Mulai Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru)

Budi bahkan menyebut Bulog telah menyiapkan stok yang besar untuk menstabilisasi harga pangan. Beberapa barang di gudang Bulog  yang disebut dalam posisi aman untuk memenuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru di antaranya adalah beras, daging, gula, dan jagung.

Bulog juga menyatakan tetap berkomitmen menjalankan amanat pemerintah melalui program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) dan penyaluran bantuan sosial, di samping pula menjalankan skema kegiatan komersial melalui kebijakan penyediaan bahan pangan pokok murah dan berkualitas kepada masyarakat sehingga meningkatkan akses pangan yang kuat kepada seluruh lapisan masyarakat.

Untuk mencapai peningkatan akses pangan tersebut, pihaknya juga akan terus memperluas jaringan dan titik distribusi ke seluruh Indonesia. "Kami sebar sampai dengan titik kantor kelurahan/desa, pemukiman padat penduduk, maupun warung/toko tingkat desa yang merupakan Rumah Pangan Kita (RPK) atau jaringan pengecer binaan bisnis komersial Bulog,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...