Putri Taipan Surabaya Siapkan Rp 1 Triliun Lewat Fintech Pohon Dana

Desy Setyowati
12 Desember 2018, 15:45
Fintech
Arief Kamaludin | Katadata

Putri dari taipan Surabaya, Dato' Sri Tahir, yakni Victoria Tahir membangun financial technology (fintech) pinjam-meminjam (lending) bernama Pohon Dana. Victoria menargetkan Pohon Dana bisa menyalurkan pinjaman Rp 1 triliun pada tahun depan.

Sejak beroperasi pada Agustus lalu, Pohon Dana sudah menyalurkan kredit Rp 140 miliar kepada 6 ribu peminjam. Modal untuk memberi pinjaman pun didapat dari Bank Mayapada Internasional dalam bentuk channeling.

"Sejauh ini channelling masih dari Mayapada saja," ujar Victoria, yang menjabat sebagai CEO Pohon Dana dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/12).

Tahun depan, Pohon Dana menargetkan penyaluran pinjaman mencapai Rp 1 triliun kepada 20 ribu peminjam. Untuk mencapai target tersebut, Pohon Dana bakal menyasar pasar di wilayah Timur Indonesia. Alasannya, belum banyak fintech lending yang menyasar wilayah tersebut. Selain itu, Pohon Dana melihat marketnya juga besar. 

Hanya, Presiden Direktur Pohon Dana Yu Ek menyadari, bahwa pemahaman masyarakat Indonesia di wilayah timur, khususnya mengenai fintech belum begitu baik. Selain itu, penduduk yang memiliki latar belakang (track record) pinjaman masih sedikit. Untuk itu, Pohon Dana bakal fokus pada verifikasi.

(Baca: Penyaluran Kredit Pemerintah Lewat Fintech Dimulai dari Daerah)

Verifikasi itu dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokoo Wajib Pajak (NPWP) dan bukti penghasilan. Sebab, Pohon Dana menetapkan kriteria pendapatan minimal Rp 3 juta per bulan bagi calon peminjam.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...