Bangun Pabrik Perakitan, VW Investasi 50 Juta Euro di Indonesia

Image title
Oleh Ekarina
19 Desember 2018, 21:12
Pabrik Mobil Sokon
Arief Kamaludin|Katadata
ilustrasi pabrik Sokon. Investasi pabrik otomotif terus menggeliat. Sejumlah produsen kendaraan minati investasi pabrik di Indonesia.

Pabrikan otomotif  asal Jerman, Volkswawen atau VW berencana membangun pabrik di Indonesia dengan investasi sekitar 50 juta euro. VW kabarnya akan memproduksi beberapa varian kendaraannya di Indonesia, untuk kemudian di ekspor ke pasar ASEAN.

"VW juga ada mau bangun assembly line di sini. Mau buat Tiguan di Indonesia dengan investasi 40 juta sampai 50 juta euro," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto di Jakarta, Rabu (19/12).

(Baca: Sejak 2016, Investasi Sektor Industri Terus Menyusut)

Menurutnya, VW akan membuat pabrik tersebut dengan nama Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT Garuda Mataram. Namun Harjanto enggan menyampaikan lokasi pabrik tersebut akan dibangun, karena belum memperoleh informasi lebih lanjut soal investasi ini.

"Assembly line persisnya belum tahu di mana. Tapi mereka bilang sudah lapor ada investasi VW di dalam negeri, dengan masuknya beberapa varian dalam negeri yang akan diproduksi di Indonesia," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...