Resmi Kuasai 100% Saham ICA, Antam Bayar Showa Denko US$ 1

Image title
28 Desember 2018, 20:46
Antam
Arief Kamaludin|KATADATA
PT Aneka Tambang Tbk (Antam) resmi menguasai 100% saham PT Indonesia Chemical Alumina

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) resmi memiliki 100% saham PT Indonesia Chemical Alumina (ICA), setelah membeli 20% saham ICA dari perusahaan asal Jepang Showa Denko K.K (SDK). Nilai transaksi pembelian saham tersebut sebesar US$ 1 sesuai dengan kesepakatan dalam Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) yang ditandatangani 29 Mei 2018.

Direktur Keuangan PT Antam Dimas Wikan Pramudhito mengatakan, pembelian saham ini telah melewati proses negosiasi dan evaluasi yang dilakukan bersama. "Antam dan SDK telah melewati proses secara menyeluruh," kata Dimas dalam keterangan pers, Jumat (28/12). 

Advertisement

Berdasarkan CSPA, kedua perusahaan telah menyelesaikan kewajiban ICA kepada kreditur, kewajiban pajak, pengelolaan lingkungan, dan perbaikan pabrik sesuai dengan porsi kepemilikan masing-masing. Selain itu, SDK akan menyerahkan hak patennya kepada ICA untuk proses produksi dan produk yang telah terdaftar di 36 negara.

Antam juga melakukan transfer teknologi SDK kepada ICA. Perusahaan optimistis komoditas alumina miliknya tetap memiliki daya saing global dan dapat memberikan nilai ekonomi yang positif bagi perusahaan dan para pemegang saham di masa depan. "Kami berkomitmen terhadap optimalisasi pabrik chemical grade alumina (CGA)," kata Dimas.

Pabrik CGA Tayan yang dioperasikan oleh ICA merupakan pabrik berbasis proses bayer yang dilengkapi fasilitas kalsinasi. Fasilitas ini menghasilkan produk CGA yang dapat diaplikasikan untuk memproduksi bahan pendukung komponen fungsional dan komponen elektronik diantaranya, penjernih air, refractories, abrasives, produk bangunan, intergrated circuit (IC), dan bahan layar liquid crystal display (LCD). Produk turunan tersebut dijual ke pasar internasional yaitu, Jepang, Korea, dan Turki.

(Baca: Inalum dan Perusahaan Tiongkok Bangun Smelter Alumina di Kalimantan)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement