Penuhi Penugasan di 2018, Berikut Sisa Stok Komoditas Pangan Bulog

Michael Reily
3 Januari 2019, 12:59
Persediaan Beras di Gudang Bulog
Antara Foto / Rony Muharrman
Seorang pekerja sedang memasukan beras di sebuah gudang Bulog di Pekan Baru, Riau.

Sepanjang 2018, Perum Bulog memperoleh berbagai penugasan pemerintah untuk menjaga stok dan harga beberapa komoditas pangan. Bulog tercatat telah merelisasikan pengadaan serta penyaluran beberapa komoditas pangan seperti beras, gula pasir, daging kerbau, serta jagung, yang mana hingga saat ini masih terdapat stok yang dapat digunakan kembali untuk menstabilkan harga. 

Berdasarkan penugasan pemerintah, Bulog harus mengimpor beras sebanyak 2 juta ton serta menyerap beras petani dengan target sebesar 2,72 juta ton. Kemudian, penyerapan gula milik petani hingga mencapai 500 ribu ton, impor daging kerbau sebanyak 80 ribu ton, dan impor jagung sebanyak 100 ribu ton.

(Baca: Bulog Operasi Pasar 500 Ribu Ton pada 2018, Terbesar dalam 5 Tahun)

Adapun realisasinya, pada 2018 Bulog tercatat telah mengimpor 1,8 juta ton beras dan menyerap 1,5 juta ton  beras dari dalam negeri.  Sementara untuk komoditas lain seperti daging kerbau impor  pada 2018 telah teralisasi sebesar 80 ribu ton, jagung  impor yang baru tiba sebanyak 73 ribu ton, serta pengadaan gula yang mencapai 100 ribu ton.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyebutkan stok akhir untuk komoditas beras hingga saat ini tercatat sebesar 2,1 juta ton, gula pasir sebanyak 477 ribu ton, jagung 53 ribu ton, daging kerbau 5,8 ribu ton, minyak goreng 2,6 ribu kiloliter.

"Sesuai penugasan pemerintah dan amanat UUD, Bulog terus melakukan tugas untuk mewujudkan kedaulatan pangan," kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis (3/1).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...