Dua Film dari Adaptasi Novel Hits Akan Dirilis Bulan Depan

Penulis: Dini Hariyanti

4/1/2019, 21.00 WIB

Antologi Rasa merupakan adaptasi novel karya Ika Natassa, sedangkan Dilan 1991 ditulis oleh Pidi Baiq.

Bioskop
Katadata

Setidaknya ada dua film hasil adaptasi novel karya penulis dalam negeri dipastikan tayang di bioskop pada bulan depan. Rumah produksi Soraya Intercine Films menyatakan, "Antologi Rasa" bakal dirilis pada 14 Februari 2019 atau tepat saat Hari Valentine. 

Sutradara Antologi Rasa Rizal Mantovani mengaku tertantang saat ditawarkan menggarap film itu. Ajakan pertama datang dari Sunil Soraya sekitar dua tahun lalu. "Antologi Rasa, dua kata yang bikin saya tersetrum," ucapnya, di Jakarta, Jumat (4/1). (Baca juga: Istimewanya Dreadout, Film Gim Horor Lokal Membidik 1,5 Juta Penonton)

Proses produksi "Antologi Rasa" dinyatakan memakan waktu tidak sebentar karena membutuhkan persiapan matang. Apalagi, imbuh Rizal, cerita di dalam film sedikit berbeda dibandingkan dengan isi novel. Tayangan sinema ini berangkat dari novel berjudul sama karya Ika Natassa.

Sejumlah aktor dan aktris yang terlibat, yaitu Herjunot Ali (Harris), Carissa Perusset (Keara), Refal Hady (Ruly), Atikah Suhaime (Denise), dan Angel Pieters (Dinda). (Baca juga: Kisaran Biaya Produksi Film Berdasarkan Kanal Penayangan)

"Sebagai penulis, saya percaya proses adaptasi bukan copy paste. Kita pindahkan perasaan ketika pembaca baca novel dan ketika menonton film," ujar Penulis "Antologi Rasa" Ika Natassa.

"Antologi Rasa" berkisah mengenai cerita cinta di antara tiga orang sahabat, yaitu Harris, Keara, dan Ruly. Film ini juga dibalut dengan realitas kehidupan metropolitan yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat kota sehari-hari.  (Baca juga: Tayang Januari 2019, Ini Tiga Film Hasil Monetisasi Karya Intelektual)

Sementara itu, rumah produksi Max Pictures juga memastikan film adaptasi novel karya Pidi Baiq berjudul "Dilan 1991" rilis pada bulan yang sama tepatnya 28 Februari 2019. Ekspektasi terhadap film ini agaknya tinggi mengingat "Dilan 1990" sukses menggaet 6,3 juta penonton.

Produser Max Pictures Ody Mulya sebelumnya menyatakan bahwa proses syuting dan produksi "Dilan 1991" rampung. "Setelah melalui proses produksi, film ini siap ditayangkan," katanya. (Baca juga: Hitung-Hitungan Investasi di Industri Film Ala Ideosource)

"Dilan 1991" tetap dibintangi Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla memerankan Milea. Proses pengambilan gambar film ini berlangsung pada pengujung tahun lalu selama 41 hari di Bandung (Jawa Barat) dan DKI Jakarta.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha