Dibuka Melesat ke Level 6.300, IHSG Masih Berpeluang Naik

Happy Fajrian
8 Januari 2019, 10:42
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Bursa Efek Indonesia mengadakan konferensi pers mengenai Pengumuman Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan (27/12). Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan dirinya optimis dengan pergantian tahun ini, meski tahun depan memasuki tahun politik. Justru tantangan terbesar datang dari faktor eksternal yang tak bisa dihindari.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengawali perdagangan hari ini, Selasa (8/1) dengan melesat naik 0,43% ke level 6.314,42. Sementara itu bursa saham di Asia bergerak bervariasi, dengan dua indeks utama Tiongkok dibuka di zona merah.

Hingga berita ini ditulis, indeks Shanghai masih tertekan di zona merah dengan koreksi 0,33%, indeks Hang Seng dibuka terkoreksi namun sekarang sudah kembali naik ke zona hijau sebesar 0,36%. Indeks PSEi Filipina, KOSPI Korea, KLCI Malaysia dibuka di zona hijau namun kini turun ke zona merah, masing-masing terkoreksi 0,83%, 0,03%, dan 0,20%.

Advertisement

Sayangnya nasib serupa juga dialami IHSG. Setelah menembus level 6.300, IHSG kini tertekan ke zona merah. Sementara ini IHSG sudah terkoreksi, walau tipis, sebesar 0,05% ke level 6.284,36.

Kendati demikian, optimisme dari dalam negeri terkait indeks keyakinan konsumen (IKK) yang baru saja dirilis oleh Bank Indonesia untuk Desember 2018 menunjukkan keyakinan masyarakat Indonesia mengalami kenaikan, diyakini akan kembali mengangkat IHSG.

(Baca: IHSG Naik 0,20%, Tiga Sektor Dilanda Aksi Ambil Untung)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement